Evaluasi dan Supervisi mahasiswa program 5000 Doktor pada masa pandemi covid-19

  • 05 Maret 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program 5000 Doktor ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan dalam lingkup Kementarian Agama. Wujud keseriusan pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia, Presiden Joko Widodo meresmikan program 5000 Doktor pada tanggal 19 Desember 2014 di Istana Negara. Sasaran Program Beasiswa ini ditujukan pada dosen, PNS, laboran dan Pustakawan PTKIN, PNS tenaga kependidikan PTKIN, serta pegawai negeri sipil yang bekerja dalam lingkup Kementerian Agama dengan orientasi utama untuk peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan.

Meningkatkan akselerasi peserta mora 5000 Doktor Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, agar dapat menyelesaikan studi maksimal 6 semester atau 3 tahun sesuai yang tertuang dalam pedoman beasiswa 5000 doktor dalam negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Tahun 2019, maka setiap PTKI pelaksana mora 5000 Doktor, membuat kegiatan yang berbagai relevan. Pascasarjana UIN Alauddin Makassar sebagai bagian dari PTKI penyelenggara 5000 Doktor turut secara periodik melaksanakan kegiatan yang berorientasi pada evaluasi dan supervisi peserta 5000 Doktor. Merebaknya masa pandemic Covid-19 terdapat tantangan baik bagi penyelenggara maupun bagi mahasiswa peserta 5000 Doktor. Hal ini dilatar belakangi  oleh protokol kesehatan pandemi Covid-19 yang menuntut adanya pembatasan kegiatan (social distancing) dan membatasi aktifitas masyarakat termasuk kegiatan akademik di kampus. Mengakomidir tuntunan penyelesaian studi dan pembatasan kegiatan akademik pada masa pandemi, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan secara online dan disimak oleh peserta dari kediaman masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema Evaluasi dan Supervisi Kemajuan Studi Penerima  Beasiswa Mora Tahun Akademik 2018 & 2019 Kerjasama Diktis dengan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Bentuk kegiatan dibagi pada 3 (tigas) sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal, 28 April 2020 dengan menghadirkan 2 orang narasumber yakni Prof. Dr. Hamdan, M.A.,Ph.D. (Rektor UIN Alauddin Makassar) dan Dr. Syafii, M.Ag (Kasubdit ketenagaan Kementrian Agama RI). Moderator, Dr. Hj. Amrah Muhammad Kasim, M.A.  Kaprodi S3 (Moderator). Sesi kedua, dilaksanakan pada  tanggal 2 Mei 2020, menghadirkan 3 orang narasumber, M.Abd Aziz, MH (Kasi  Beasiswa Kemenag RI), Dr. Wahyuddin, M.Hum (Wakil Rektor  II UIN Alauddin Makassar), Dr. H. Kamaluddin Abunawas, M.Ag (Wakil Rektor  IV UIN Alauddin Makassar) dan Nazidatul  Inayah, ST (Moderator). Sesi ketiga dilaksanakan pada, 3 Mei 2020 dengan menghadirkan narasumber Prof .Dr.H.M.Ghalib.M.MA (Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar), Dr. Muljono Damopolii (Materi Karya Tulis Ilmiah UIN Alauddinn Makassar) dan Dr. Hj. Haniah, MA ( moderator) serta Wakil Direktur (Host Zoom Meeting).

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa memproleh manfaat berupa semangat baru dan inspirasi untuk lebih giat dalam mengikuti ketentuan mora 5000 Doktor dan kontribusi positif dalam memajukan seumber daya manusia.