Menemukan Jalan dari Penelitian menuju Jurnal

  • 14 Juli 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pascasarjana UIN Alauddin Makassar kembali melaksanakan Sharing Session secara online pada tanggal 13 Juli 2020 dengan mengangkat tema dari Penelitian Menuju Jurnal. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang dipandang memiliki kompetensi, pengalaman menulis serta latar belakang profesi akademisi, pengelola jurnal, penulis dan pengelola Hak Kekayaan Intelektual. Dr. Mahrus, M.Ag.,Kasi. Penelitian dan Pengelolaan HAKI Dit. PTKI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia) bersama dengan Dr. Zaenuddin Hudi Prasojo, M.A. Associate Professor, Editor chief of Albab Borneo journal of Religious Studies IAIN Pontianak, menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini diawali dengan pengantar kegiatan oleh moderator oleh Dr. Ulfiani Rahman, M.Si (Sekretaris Prodi Doktor Dirasah Islamiyah Pascasarjana UIN Alauddin Makassar).


Screenshot Pembukaan. Direktur Pascasrajana UIN Alauddin Makassar menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan Sharing Session #3  

Sharing Session
dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. M. Ghalib M, M.A. selaku Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, dihadiri pula Dr. H. Andi  Aderus, Lc., M.A. selaku Wakil Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Peserta kegiatan yang hadir kurang lebih 120 orang dari unsur mahasiswa pascasarjana, dosen dan peserta dari berbagai latar belakang lainnya. Nampak pula Guru Besar UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Minhajuddin, M.A. yang turut berinteraksi dengan narasumber pada sesi diskusi. Kedua narasumber memaparkan berbagai hal dalam menulis artikel. Membangun motivasi menulis, merumuskan judul yang aktual, sistematika dan metodologi penulisan, gaya selingkung jurnal nasional dan artikel internasional,  membangun jaringan ke publisher, sampai pada pengenalan terhadap tulisan yang termaktub dalam naskah kuno di Indonesia.

Kegiatan sharing session dilaksanakan dengan maksud untuk sharing ilmu, pengalaman serta memperdalam wawasan kepenulisan khususnya bagi mahasiswa pascasarjana yang akan menyelesaikan tugas akhir, tesis atau disertasi. Sharing session berlangsung kurang lebih selama tiga jam mulai dari jam 09.00 Wita s.d. 12.20 Wita. Narasumber memberikan testimoni dan kiat-kiat dalam menulis, diantaranya karya apapun yang dimiliki agar dapat di publikasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Sebelum menulis, intensitas membuka jurnal ditingkatkan, rajin membaca artikel dan banyak konsultasi kepada mereka yang lebih matang dalam bidang penelitian dan jurnal. Kedalaman kajian tulisan seseorang berangkat dari beragam sumber data, baik dalam bentuk jurnal, buku, proseding, artikel maupun sumber lainnya. Narasumber menegaskan, publisher senantiasa memberikan apresiasi kepada penulis yang mengirimkan artikel sesuai dengan aim dan scope yang telah ditentukan. Karena karya adalah kehidupan kedua penulis olehnya itu mulailah menulis..
Unduh Materi 
1. 
http://di3.pps.uin-alauddin.ac.id/assets/file/Dari_Penelitian_ke_Jurnal.pdf?1594657333 
2.  http://di3.pps.uin-alauddin.ac.id/assets/file/PPT_Publikasi_Ilmiah_Pasca_UINAM_2020.pdf?1594657394

Berita Terkait