

Prodi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 10/03/2025
Penelitan Andi Baso Muammar Assaad tentang Transformasi Nilai-Nilai Keteladanan Guru dan Pembina Asrama dalam Pembentukan Akhlak Santri Madrasah Tsanawiyah As’adiyah Pusat Sengkang Kabupaten Wajo
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis transformasi nilai-nilai keteladanan guru dan pembina di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah pusat Sengkang, Kabupaten Wajo dalam pembentukan akhlak santri. (2) untuk menganalisis upaya guru di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah Pusat Sengkang, Kabupaten Wajo dalam mentransformasi nilai-nilai keteladanan dalam pembentukan akhlak santri. (3) untuk menganalisis upaya pembina di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah Pusat Sengkang, Kabupaten Wajo dalam mentransformasi nilai-nilai keteladanan untuk pembentukan akhlak santri. (4) untuk menganalisis hasil transformasi keteladanan guru dan pembina asrama di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah Pusat Sengkang, Kabupaten Wajo terhadap pembentukan akhlak santri.
Jenis penelitian dari Andi Baso Muammar Assaad ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan pedagogik dan fenomenologi. Sumber data primer bersumber dari guru dan pembina asrama, adapun sumber data skunder meliputi: dokumen-dokumen Santri serta referensi atau buku-buku yang relevan. Metode pengumpulan data yakni obeservasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yakni reduksi data, penyajian data, teknik analisis perbandingan, penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yakni uji kredibilitas, uji defentability, uji confirmability.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Transformasi nilai-nilai keteladanan guru dan pembina asrama memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan akhlak santri meliputi; pembentukan karakter positif, pengaruh lingkungan sosial, internalisasi nilai-nilai, peningkatan kualitas pendidikan, pembentukan hubungan positif, pemahaman nilai agama, pembentukan lingkungan belajar positif, dan mendorong pertumbuhan holistik. Upaya guru dalam mentransformasi nilai-nilai keteladanan dalam pembentukan akhlak santri melalui pendekatan emosional yang dianggap sebagai kunci utama dalam membentuk akhlak yang baik dengan mengadopsi metode ceramah sebagai pembentukan karakter santri. Upaya pembina asrama dalam mentransformasi nilai-nilai keteladanan dalam pembentukan akhlak santri termanifestasi melalui aktivitas positif dengan mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dan jadwal hafalan Al-Qur’an setelah shalat fardu. Implementasi transformasi nilai keteladanan pada santriwati memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perubahan perilaku mereka. Berbagai kegiatan pengembangan diri yang bersumber pada nilai-nilai moral dan etika Islam. Santri tidak hanya memahami secara konseptual, melainkan juga aktif terlibat dalam praktek sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai keteladanan. Partisipasi dalam kegiatan amal, pengabdian kepada masyarakat, dan aktif dalam program sosial.
Implikasi penelitian melibatkan berbagai pihak di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah Pusat Sengkang, dengan kepala madrasah diharapkan menjadi teladan untuk seluruh komunitas pendidikan. Guru diminta memberikan keteladanan melalui tindakan dan perkataan, sementara pembina asrama diharapkan terlibat aktif dalam memberikan teladan positif. Santri, sebagai objek utama pembentukan akhlak, diharapkan mempertahankan komitmen terhadap kebaikan dan menunjukkan istiqamah dalam perilaku yang baik sepanjang waktu.
#DIRS3