di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Disertasi Kusnadi membahas Kinerja Kepala Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 08/04/2025.

Judul Disertasi Kusnadi: Pengaruh Kepemimpinan Trasformasional dan
Kinerja Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di
Lingkungan Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Kapuas Hulu.

Penelitian Kusnadi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Kinerja Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu.
Perdekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah educational leadership dengan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah semua guru tersertifikasi yang berada di lingkungan kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 94 orang. Berdasarkan pada tujuan dan permasalahannya, penelitian ini merupakan penelitian kausalitas yang menganalisis ada tidaknya pengaruh dan memberikan penjelasan kausal variabel yang diteliti.

Menurut Kusnadi Kepemimpinan transformasional yang dibangun berdasarkan interaksi antara kepala madrasah dan guru sesuai kebutuhan bersama serta dengan kinerja kepala madrasah, akan sangat berarti bagi kelangsungan sebuah madrasah. Hal ini diharapkan membuat guru mampu berkinerja secara maksimal dan dapat mempertahankan keunggulannya. Sebagai sebuah organisasi, madrasah dihadapkan pada situasi kompetisi dan persaingan global yang sangat tinggi serta senantiasa menghadapi lingkungan yang selalu berubah. Menghadapi situasi tersebut maka madrasah harus melakukan transformasi agar tetap dapat menjadi lembaga yang mampu menjaga dan memelihara kredibilitas dan kinerjanya.

Hasil penelitian Kusnadi menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini berarti kondisi pengaruh ideal/karisma, motivasi inspirasi, rangsangan intelektual, dan pertimbangan individu yang tinggi, dapat berakibat langsung pada naiknya kinerja guru. Demikian juga dengan Kinerja Kepala madrasah memberikan berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Jika kinerja kepala madrasah semakin baik, maka dapat dipastikan kinerja guru semakin baik. Kepemimpinan transformasional dan kinerja kepala madrasah secara bersama memberi pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Artinya penerapan kepemimpinan transformasional mampu mendorong kinerja kepala madrasah, sehingga semakin baik penerapan kepemimpinan transformasional, maka semakin tinggi kinerja kepala madrasah. Dan semakin tinggi kinerja kepala madrasah maka semakin tinggi pula kinerja guru.

DIAZ

Leave a Reply