

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 14/04/2025
Judul Disertasi Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Mencapai Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ski Di Kelas X Mas Ushuluddin Singkawang.
Promotor: Prof. Dr. H. Syahruddin Usman, M.Pd, dan Co-Promotor: Dr. H. Abdul Rahman Sakka., Lc., M.Pd, Dr. Aslan., M.Pd.I.
Penggunaan media interaktif dalam proses pembelajaran dapat memberikan rangsangan keaktifan, kreativitas, dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan. Interaktivitas dalam media pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses edukatif, memberikan feedback langsung, dan memfasilitasi pembelajaran mandiri ataupun kolaboratif. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat lebih jauh tentang rancangan media, pemanfaatan media, keefektifan media dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MAS Ushuluddin Singkawang.
Metode penelitian yang dilakuan menggunakan kajian lapangan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa; pertama, Rancangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif mengintegrasikan dengan teks, gambar, audio, video, dan elemen interaktif lainnya, sehingga dapat memberikan pemahaman tentang materi yang disampaikan ke peserta didik. Kedua, Pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif telah memberikan dampak positif pada peningkatan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan tidak menggunakan multimedia interaktif. Ketiga, Keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif bukan dari segi pemahaman materi tetapi juga dapat meningkatkan efektivitas pengajaran. Keempat, Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mengalami peningkatan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Kemajuan ini mengindikasikan betapa pentingnya adaptasi metode pembelajaran yang inovatif dan responsive terhadap kebutuhan dan preferensi belajar peserta didik modern, sekaligus menegaskan peran teknologi sebagai pendukung pembelajaran yang efektif dalam pendidikan masa kini
Impilkasi penelitian ini Guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran dengan menggunakan teknologi.
DIAZ