di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Abdullah Raih Gelar Doktor di Pascasarjana UIN Alauddin, Kupas Tuntas Kompetensi Guru dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran PAI

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar – 02 Juni 2025 — kembali mencatatkan prestasi akademik dengan diselenggarakannya ujian promosi doktor atas nama Abdullah. Ujian yang berlangsung di Aula Pascasarjana ini dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag., selaku ketua sidang.

Dengan mengangkat disertasi berjudul “Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Pemanfaatan TIK pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Parepare”, Abdullah memaparkan hasil penelitiannya yang mengupas secara mendalam peran guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PAI.

Dalam sidang yang berlangsung khidmat dan ilmiah tersebut, Abdullah menjelaskan bahwa penelitiannya bertujuan untuk: (1) menggambarkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI di SMA Negeri 1 Parepare; (2) menelusuri bentuk-bentuk pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran; serta (3) mengkaji dampak dari kompetensi guru terhadap efektivitas penggunaan TIK.

Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di sekolah tersebut telah menunjukkan kompetensi pedagogik dan profesional yang memadai. Hal ini tampak dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran yang mereka lakukan.

Pemanfaatan TIK, lanjut Abdullah, dilakukan secara variatif melalui penggunaan media digital seperti video pembelajaran, presentasi interaktif, serta platform daring seperti Google Classroom dan WhatsApp Group. Integrasi ini terbukti tidak hanya memperkaya metode pembelajaran, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih kontekstual dan partisipatif.

Lebih jauh, disertasi ini juga menyoroti pentingnya dukungan kelembagaan dalam bentuk pelatihan berkelanjutan bagi guru, serta penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai agar integrasi TIK dalam pembelajaran dapat berjalan optimal. Abdullah menekankan bahwa TIK seharusnya tidak hanya menjadi pelengkap, tetapi bagian yang terintegrasi secara sistematis dalam kurikulum.

Promosi doktor ini turut dihadiri oleh para penguji dan pembimbing, dosen, mahasiswa Pascasarjana, serta keluarga dan sahabat Abdullah yang memberikan dukungan moril. Di akhir sidang, Abdullah dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan, menjadikannya salah satu doktor baru di bidang Pendidikan Islam yang siap berkontribusi dalam pengembangan kualitas pendidikan di era digital.

#DIRS3

Leave a Reply