di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Disertasi Kasiono bahas IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN RAYA

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 09/04/2025. Disertasi IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN RAYA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil implementasi evaluasi pembelajaran pendidikan agama di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun 2024. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dan sumber data terdiri dari primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawacara, observasi, catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Perencanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama di SMP Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) mencakup beberapa tahapan yang sistematis. Pada tahap Context, dilakukan analisis situasional untuk memahami kebutuhan, tujuan, dan standar pembelajaran yang harus dicapai. Tahap Input melibatkan identifikasi sumber daya yang tersedia, seperti kualifikasi guru, fasilitas, dan materi pembelajaran, serta mengumpulkan informasi tentang kurikulum dan metode pengajaran. Kedua, Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2024 mencakup empat aspek utama: Context, Input, Process, dan Product. Evaluasi diawali dengan identifikasi kebutuhan dan standar keberhasilan untuk menetapkan konteks pembelajaran. Tahap input melibatkan peninjauan sumber daya, kurikulum, dan rencana pembelajaran yang ada. Kemudian, dalam tahap proses, pelaksanaan pengajaran diamati dan dimonitor untuk memastikan kesesuaian dengan rencana sambil mengukur partisipasi aktif siswa dan efektivitas metode pengajaran.

Akhirnya, pada tahap produk, hasil belajar siswa dievaluasi secara menyeluruh menggunakan berbagai metode penilaian, dengan hasil analisis yang memberikan umpan balik untuk perbaikan berkelanjutan. Model CIPP memastikan evaluasi yang komprehensif dari proses hingga hasil pendidikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Ketiga, Hasil dari implementasi evaluasi pembelajaran pendidikan agama di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2024 menunjukkan beberapa temuan penting. Dari segi konteks, kebanyakan tujuan pendidikan telah sejalan dengan kebutuhan siswa dan kebijakan pendidikan agama nasional. Pada aspek input, ditemukan bahwa ketersediaan sumber daya, seperti buku teks dan alat peraga, sudah memadai, namun terdapat kebutuhan peningkatan pada kompetensi guru melalui pelatihan lebih lanjut. Di bagian proses, observasi kelas mengungkapkan bahwa metode pengajaran umumnya efektif, meskipun ada ruang untuk lebih banyak aktivitas yang meningkatkan partisipasi siswa. Dari segi hasil (product), data penilaian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mencapai kompetensi dasar yang diharapkan, meskipun beberapa memerlukan dukungan tambahan untuk mencapai pemahaman yang lebih mendalam.

Implikasi dari hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan
agama di SMP Negeri 1 Sungai Raya perlu mengalami beberapa penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penguatan pelatihan guru menjadi prioritas utama guna melengkapi kompetensi mereka dengan metode pengajaran yang lebih inovatif dan interaktif. Selain itu, peningkatan ketersediaan dan kualitas sumber daya belajar harus terus diupayakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Adanya siswa yang memerlukan dukungan tambahan juga mengindikasikan perlunya program remedial atau bimbingan yang lebih intensif

Leave a Reply