di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Doktor Husyin Saputra lakukan penelitian Pengaruh Penggunaan Media terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 14/04/2025.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Penggunaan Media terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di  MAS Ushuluddin, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Berdasarkan hasil penarikan angket tentang penggunaan media pembelajaran bahwa 68 responden yang menjadi subjek penelitian 26 responden (38%) menjawab penggunaan media pembelajaran pada kategori kurang, 14 responden (21%) menjawab penggunaan media pembelajaran pada kategori sedang, dan 28 responden (41%) menjawab penggunaan media pembelajaran pada kategori tinggi.

Berdasarkan hasil penarikan angket tentang motivasi belajar dapat diketahui bahwa 68 responden yang menjadi subjek penelitian 27 responden (40%) memiliki motivasi yang kurang, 14 responden (20%) memiliki amotivasi yang cukup, dan 27 responden (40%) memiliki motivasi yang baik.

peneliti menguji hipotesis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat dengan menginterpretasikan hasil Chi Kuadrat hitung (x2) dengan Chi Kuadrat tabel (x2). Diperoleh harga Chi Kuadrat hitung (X2) yaitu 12,04 lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9,488, dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% karenanya Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh yang positif antara pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak MAS Ushuluddin Singkawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Sedangkan hasil perhitungan Koefisien Kontigensinya yaitu 0,816, maka ada keterkaitan yang sangat erat. Jadi maksudnya bahwa semakin baik penggunaan media pembelajarannya maka semakin baik juga motivasi belajar peserta didiknya.

DIRS3

Leave a Reply