di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Doktor Masruraini pertahankan disertasi Impelementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Proses Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 03/03/2025. Judul disertasi Masruraini Impelementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 19 Kota Singkawang Kalimantan Barat.

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Proses Pembelajaran PAI di SMPN 19 Kota Singkawang Kalimantan Barat dengan menghadirkan  tiga rumusan masalah yang di fokuskan pada aspek 1) Bagaimana Strategi implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 19 Kota Singkawang, 2) Bagaimana Model impelementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 19 Kota Singkawang, 3) Apa hambatan yang terjadi dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 19 Kota Singkawang.  

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretif dan didukung oleh metode femenologi sebagai pendekatan metologis adapun pendekatan keilmuannya adalah pendekatan sosio religious edukatif . Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer data skunder. Data primer di dapat dalam bentuk kata kata atau prilaku dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa sedang data skunder diperoleh dari dokumen dokumen. Adapun instrumen penelitiannya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan list dokumentasi. Analisis data yaitu analisis interaktif dengan tiga komponen yaitu kondensasi data, display data dan verifikasi data. Tekhnik pengujian keabsahan data dengan empat kriteria yaitu credibility, transferability, dependability dan confirmability.

Hasil analisis berdasarkan data selanjutnya dirumuskan dalam simpulan penelitian sebagai berikut: 1)strategi dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan Budi pekerti adalah dengan melakukan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan pengembangan ekstra kurikuler, memasukkan nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran PAI dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. 2) model yang digunakan dalam implementasi nilai nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI dan budi pekerti adalah dengan model differensiasi (individual program), pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (problem-based learning) dengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan model modular.  3) adapun  faktor penghambat diantaranya keterbatasan anggaran, fasilitas, kompetensi guru, dukungan orangtua, latar belakang siswa.

Implikasi dalam penelitian ini dapat di narasikan bahwa implementasi moderasi beragama dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 19 dapat membentuk karakter siswa, dapat meningkatkan kualitas pendidikan, dan menumbukan lingkungan sekolah yang kondusif, partisfpasi orang tua yang maksimal dan kesiapan siswa menghadapi tantangan global

Leave a Reply