di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Doktor Salito lakukan penelitian tentang Model Pembelajaran Integratif di Kalimantan Barat

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 14/03/2025.

Model Pembelajaran Integratif Pada Madarasah Aliyah di Pondok Pesantren Darul Ulum Kalimantan Barat.

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Untuk menganalisis pendekatan model pembelajaran integratif pada Madrasah Aliyah di Pondok Darul Ulum Kalimantan Barat. 2) Untuk menganalisis penerapan pembelajaran integratif pada Madarasah Aliyah di Pondok Pesantren Darul Ulum Kalimantan Barat. 3) Untuk menganalisis desain pembelajaran integratif Pada Madarasah Aliyah di Pondok Pesantren Darul Ulum Kalimantan Barat.

Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian, fenomenologis, dan psikologis. Metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi, Istrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanyamelalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagaiberikut; 1) Analisis model pembelajaran integratif menemukan Konsep dan Prinsip Dasar melalui pengetahuan terkait dengan pengunaan model pembelajaran integratif untuk mengetahui karakteristik mata pelajaran juga dengan mengunakan pendekatan dan model pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau pembelajaran kolaboratif, struktur model pembelajaran integratif dapat mengetahui pemahaman siswa terakit materi yang diajarkan, identifikasi elemen-elemen utama yang terlibat dalam proses pembelajaran, peran guru dan siswa, dan interaksi antara berbagai disiplin ilmu atau konsep saat mengalisis materi pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran integratif dan evaluasi model pembelajaran integratif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Penerapan model pembelajaran integratif mengunakan model pembelajaran Quantum Teaching (QT), Problem Base Learning (PBL) Kooperatif dan Interaktif Learning. Contextual teaching learning (TCL, Discovery/Inquiry Learning, bese leaning. 3) Desain Model pembelajaran integratif, langkah awal yakni menganalisis karakteristik siswa, lalu penetapan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dengan mengunakan pendekatan berbagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang holistic, serta mengintegrasikan aspek ilmu agama, akademik, dan sosial dalam pembelajaran, sehingga siswa mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek kehidupan, desain model pembelajaran integratif mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk studi agama, ilmu pengetahuan sosial, matematika, dan bahasa. Sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, juga Bioligi, Fisika, kimia mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang beragam, siswa dapat belajar bagaimana menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Partisipasi siswa dapat memberikan kesempatan untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui melalui pendekatan yang integratif

Leave a Reply