
Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 17/04/2025.
Judul disertasi Uray Januardy, Pengaruh Service Quality, Islamic Branding, Religiusitas dan Muslim Consumer Preference terhadap Keputusan Menabung dengan Local Knowledge sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas)

Keputusan masyarakat Kabupaten Sambas untuk menabung di Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas dipengaruhi oleh banyak variabel. Beberapa variabel yang diduga ikut mempengaruhi keputusan menabung tersebut adalah antara Service Quality, Islamic branding, religiusitas dan muslim consumer preference. Secara khusus diduga bahwa budaya lokal masyarat Kabupaten Sambas (Local Knowledge) ikut memoderasi pengaruh variabel-variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Service Quality, Islamic Banding, Religiusitas, dan Muslim consumer Preference terhadap Keputusan Menabung dengan Local Knowledge sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas). Sebagai variabel moderating, local knowlage diduga ikut mempengaruhi hubungan antara Service Quality, Islamic branding, religiusitas dan muslim consumer preference terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Salah satunya karena budaya lokal masyarakat Kabupaten Sambas sangat menjunjung nilai kebersamaan dan apresiasi terhadap produk lokal.
Penelian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan pendekatan pengumpulan data menggunakan metode survey. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel tak bebasnya, dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSSS Statistic 26. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan Keputusan Pembelian dengan Local Knowledge sebangai variabel pemoderasi, digunakan PROCESS Macro yang dibuat oleh Andrew F hayes yang di instal di SPSS khusus untuk Analisis Regresi Moderating.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Service Quality, Islamic Branding, Religiusitas dan Muslim Consumen Preference secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan menabung nasabah Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas, dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan local knowledge memoderasi hubungan antara service quality terhadap keputusan menabung, dengan nilai kooefiien Int_1 yaitu 0,0577 bernilai positif artinya menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai local knowledge maka Service Quality cenderung meningkat. Local knowledge memoderasi hubungan antara Islamic Branding terhadap keputusan menabung, dengan nilai kooefiien Int_1 yaitu 0,0859 bernilai positif. Local knowledge memoderasi hubungan antara Religiusitas terhadap keputusan menabung, dengan nilai kooefiien Int_1 yaitu 0,0566 bernilai positif artinya menunjukkan semakin tinggi nilai local knowledge maka Religiusitas cenderung meningkat. Serta Local knowledge memoderasi hubungan antara Muslim Consumen Preference terhadap keputusan menabung, dengan nilai kooefiien Int_1 yaitu 0,0859 bernilai positif artinya menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai local knowledge maka Muslim Consumen Preference cenderung meningkat.
Implikasi dari penelitian ini adalah terletak pada kombinasi variable-variabel multidimensi dengan sub variabel yang mendalam dengan membaurkannya terhadap local knowledge (pengetahuan lokal) sebagai variabel moderating. sehingga memungkinkan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana nuansa budaya, sosial dan ekonomi masyarakat lokal yang spesifik dalam mempengaruhi perilaku masyarakat muslim di Kabupaten Sambas. Hal ini menjadi sangat penting bagi pihak tertentu terutama perbankan untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan penawaran layanan agar selaras dengan komunitas lokal.
DIRS3