di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Menakar Kinerja Guru dari Perspektif Supervisi Akademik dan Kompetensi Pedagogik: Temuan Empiris yang mengantar Rizqy Mutmainnah Amin raih Doktor gelar Doktor di Pascasarjana UIN Alauddin

Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar – 05 Mei 2025

Suasana penuh khidmat dan antusiasme menyelimuti ruang promosi doktor di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar saat kandidat doktor Rizqy Mutmainnah Amin mempresentasikan disertasinya yang bertajuk “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 9 Maros”. Ujian promosi doktor ini menjadi sorotan karena mengangkat isu fundamental dalam dunia pendidikan, yakni peningkatan mutu guru melalui supervisi dan kompetensi.

Dalam pemaparannya, promovenda menjelaskan bahwa tujuan utama penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan serta menguji pengaruh supervisi akademik dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di lingkungan SMA Negeri 9 Maros. Penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dengan perspektif sosiologis dan pedagogik, menghasilkan temuan-temuan penting yang diyakini dapat menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan, khususnya dalam penguatan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik.

Dengan melibatkan seluruh populasi guru di SMA Negeri 9 Maros sebanyak 41 orang sebagai responden, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pelaksanaan supervisi akademik dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan. Melalui instrumen angket dan dokumentasi hasil penilaian kinerja guru (PKG), promovenda berhasil menyajikan data empiris yang kuat dan argumentatif.

Implikasi dari penelitian Rizqy Mutmainnah Amin adalah supervisi akademik dan kompetensi pedagogik menjadi faktor penting terhadap kinerja guru. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja yang dihasilkan oleh guru dapat ditentukan oleh pelaksanaan supervisi akademik dan kompetensi pedagogik yang diterapkan.

DIAZ

Leave a Reply