di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Mujahidin, Wakil Ketua STAI DDI Sidrap Ujian Promosi Doktor di UIN Alauddin

Prodi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 20/03/2025

Judul Disertasi: Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kompetensi Guru di Madrasah Negeri Kota Parepare

Menurut Mujahidin tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana Kepala Madrasah menerapkan manajemen kepemimpinan dalam upaya pengembangan kompetensi guru di Madrasah Negeri Kota Parepare, menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi guru Madrasah Negeri Kota Parepare, dan mendeskprisikan implikasi manajemen kepemimpinan dalam pengembangan kompetensi guru Madrasah Negeri Kota Parepare.

Jenis penelitian ini adalah jenis eksplanasi menggunakan analisis kualitatif. Penelitian menggunakan sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan Kepala MTs Negeri Parepare, Wakamad Kurikulum MTs Negeri Parepare, Kepala MAN 1 Parepare, Kepala MAN 2 Parepare, Guru dan Wakamad Kesiswaan MAN 2 Parepare. Sementara data sekunder diperoleh dari literatur seperti buku-buku, majalah, dan sumber lain yang dianggap relevan dengan sasaran penelitian. Instrumen penelitian menggunakan pedoman dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun teknik analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menguji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pembanding terhadap data.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal; 1) Implementasi kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi guru di Madrasah Negeri Kota Parepare dilakukan dengan perencanaan yang matang, pengorganisasian yang efektif, dan pengawasan untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Kepala Madrasah menerapkan berbagai metode pembinaan, pelatihan, dan evaluasi berkala untuk meningkatkan kompetensi guru. 2) Faktor pendukung peningkatan kompetensi guru di Madrasah Negeri Kota Parepare meliputi dukungan pimpinan, pelatihan yang relevan, dan lingkungan kerja yang mendukung. Sementara, faktor penghambat yakni keterbatasan waktu, kurangnya fasilitas, dan penerapan kurikulum baru yang seringkali menjadi kendala bagi guru madrasah. 3) Pengembangan kompetensi guru berimplikasi pada kualitas pendidikan di Madrasah Negeri Kota Parepare. Kepemimpinan yang baik menciptakan suasana kerja yang mendukung, memberikan pelatihan, dan memotivasi guru untuk berkembang, yang berdampak positif pada mutu pendidikan. Guru yang berkompeten dapat mengajar lebih baik, merancang pembelajaran inovatif, dan mengelola kelas dengan efektif. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi guru yang mengarah pada perlunya peningkatan pelatihan kepemimpinan yang lebih efektif mendukung guru dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Penelitian ini juga menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara Kepala Madrasah dan guru dalam pengembangan kompetensi yang mengarah pada penciptaan budaya kerja yang lebih kolaboratif. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pengembangan profesionalisme guru, yang mengimplikasikan perlunya integrasi platform digital dan pelatihan berbasis teknologi di Madrasah Negeri Kota Parepare.

#DIRS3

Leave a Reply