di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Promosi Doktor Adiyana Adam di Pascasarjana UIN Alauddin: Integrasi Budaya Lokal dalam Kurikulum Merdeka Perkuat Nilai Kebangsaan Siswa

22 Mei 2025. Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar kembali mencetak doktor baru dalam bidang pendidikan Islam, Adiyana Adam sukses menjalani ujian terbuka promosi doktor dengan disertasi berjudul “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Peserta Didik di MTsN 1 Ternate”. Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag, selaku ketua sidang.

Disertasi Adiyana Adam menyoroti bagaimana Kurikulum Merdeka dapat dioptimalkan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada siswa melalui pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal. Ia secara khusus menggali penerapan tradisi Saro-Saro khas Maluku Utara sebagai medium pembelajaran dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5P2RA).

Dalam penelitiannya yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, Adiyana menelusuri proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran berbasis proyek di MTsN 1 Ternate. Temuannya menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti gotong royong, cinta tanah air, dan tanggung jawab dapat ditanamkan lebih efektif melalui keterlibatan siswa dalam kegiatan tradisional yang bermakna. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah model Temukan–Bayangkan–Lakukan–Bagikan (TBLB) yang dirancang secara kolaboratif oleh tim guru dan masyarakat setempat.

“Penelitian ini tidak hanya menunjukkan efektivitas Kurikulum Merdeka, tetapi juga memperlihatkan betapa pentingnya pelestarian budaya lokal sebagai bagian dari pendidikan karakter kebangsaan,” ungkap Adiyana dalam presentasinya.

Keberhasilan penerapan model ini, menurut Adiyana, didukung oleh keterlibatan masyarakat, antusiasme guru, serta fleksibilitas kurikulum. Namun, ia juga mencatat sejumlah tantangan seperti keterbatasan dokumentasi budaya, kesiapan tenaga pendidik, serta keterbatasan waktu dan sumber daya.

Melalui sidang yang berlangsung secara akademis dan penuh apresiasi, tim penguji menyampaikan pujian terhadap pendekatan inovatif yang ditawarkan Adiyana. Penelitiannya dinilai memberikan kontribusi penting dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang tidak hanya adaptif terhadap konteks lokal, tetapi juga mampu memperkuat karakter kebangsaan generasi muda.

Dengan kelulusan ini, Adiyana Adam resmi menyandang gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Islam, menambah deretan akademisi yang berkomitmen pada transformasi pendidikan berbasis nilai dan budaya di Indonesia.

DIAZ

Leave a Reply