Program Studi Dirasah Islamiyah S3 Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar – 30 Agustus 2025.
Makassar – Pascasarjana UIN Alauddin Makassar kembali melahirkan doktor baru dalam bidang Pendidikan dan Keguruan. Pada Jumat, 30 Agustus 2025, berlangsung ujian promosi doktor Aan Setiawan dengan judul disertasi “Pembinaan Karakter Sebagai Landasan Akademik Menuju Madrasah Unggul di MA DDI Baruga.” Sidang terbuka ini dipimpin oleh Wakil Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Hasyim Haddade, M.Ag. selaku ketua sidang.
Dalam disertasinya, Aan Setiawan menyoroti pentingnya pembinaan karakter siswa sebagai pilar utama dalam mewujudkan madrasah unggul. Penelitian ini berangkat dari pertanyaan mendasar: bagaimana pembinaan karakter dilaksanakan melalui kegiatan intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler di MA DDI Baruga, serta sejauh mana tingkat keberhasilannya.
Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen, Aan memanfaatkan aplikasi NVIVO dalam menganalisis data melalui tahapan open coding, axial coding, dan visualisasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa:
- Kegiatan intra kurikuler menekankan pembelajaran berbasis projek pada mata pelajaran biologi dan matematika dengan penanaman nilai integritas, kemandirian, kerjasama, dan religius.
- Kegiatan kokurikuler berfokus pada implementasi Projek P5RA, di mana guru berperan sebagai fasilitator dalam menanamkan integritas, tanggung jawab, dan bernalar kritis.
- Kegiatan ekstra kurikuler dipusatkan pada program Tahfidz Al-Qur’an dengan metode sorogan dan mandaras yang berperan penting membentuk kepribadian Islami siswa.
Penelitian ini menemukan bahwa tingkat keberhasilan pembinaan karakter di MA DDI Baruga tergolong efektif. Hal ini terlihat dari kedisiplinan siswa, keteraturan dalam beribadah, kejujuran, tanggung jawab, serta konsistensi perilaku yang mencerminkan integritas.
Melalui temuan ini, Aan Setiawan menegaskan bahwa madrasah unggul tidak hanya ditentukan oleh prestasi akademik, tetapi juga oleh pembinaan karakter yang berkesinambungan. Disertasi ini memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya khazanah keilmuan pendidikan, sekaligus menjadi rujukan bagi pengembangan strategi pembinaan karakter di lembaga pendidikan Islam.
#DIRS3