di.s3@uin-alauddin.ac.id +62-411-841-879

Promosi Doktor Konsentrasi Ekonomi Islam Oleh Indrawan Azis

UIN Alauddin Online- Pagi itu langit sangat cerah. Sekitar Pukul 10.00 Wita, satu-persatu para keluarga, kolega dari Indrawan Azis hadir di ruang Aula PPG UIN Alauddin Makassar, Jln Bonto Tannga Kompleks Pesantren Madani Pao-Pao, Gowa. Mereka datang dalam rangka menyaksikan momen sakral Indra Azis dalam mempertahankan Disertasi yang berjudul Diterminan Internal Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Syariah dalam Pencegahan FRAUD (Studi PT. Bank Muamalat Tbk. Regional Salampua).

Indrawan Azis adalah Mahasiswa Prodi Dirasayah Islamiyah Program Doktor Konsentrasi Ekonomi Islam. Dia sukses menyelesaikan Program Doktoralnya selama 3 Tahun, 3 Bulan 3 Hari, dan menjadi lulusan Doktor 1137 di UIN Alauddin Makassar pada Senin,(04/12/2023).

Kegiatan penganugrahan Doktor di bidang Ekonomi Islam itu berlangsung kurang lebih 2 jam dan dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana Prof.Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag.

“Sidang Promosi Doktor oleh Saudara Indrawan Azis saya buka secara resmi,” Ucap Prof.Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag,. yang bertindak sebagai ketua sidang promosi doktor itu.

Terlihat pula, Dr.Marwan Aidit Buhaerah.,S.E.,M.M.,Prof Dr.H.Nasir Hamzah,SE,M.Si., Prof.Mukhtar Lutfi.,M.Pd., Dr.Sirajuddin.,S.E.,M.Si.,Prof. Dr.H.Muslimin H.Kara, M.Ag.,Dr.Muh.Wahyuddin Abdullah.,S.E.,M.SI.Akt dan Dr.Amiruddin K,M.Ei., yang masing-masing bertindak sebagai punguji dan memiliki pakar keilmuan yang ahli dibidangnya.

Setelah menjawab pertanyaan dari para penguji, selanjutnya Prof.Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag memberikan kesempatan kepada Prof Dr.H.Nasir Hamzah,SE,M.Si.,selaku Promotor untuk memberikan pesan-pesan akademik kepada Indrawan Azis.

“Hari ini kita sudah memasuki era 4.0. Era 4.0 ini jika tidak dibarengi dengan olah akal, olah nafsu, olah agama dan olah jasadiah maka kita akan mudah terjerumus dalam kejahatan-kejahatan. Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk memperhatikan keempat hal ini,” Kata Prof Dr.H.Nasir Hamzah,SE,M.Si.

Terakhir Prof Dr.H.Nasir Hamzah,SE,M.Si., menitipkan pesan kepada Indrawan Azis untuk tetap menjaga nama baik almamater UIN Alauddin Makassar.

Sebelum menutup sidang terbuka Promosi Doktor itu, Prof.Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag selaku ketua sidang juga menyampaikan hal yang penting dalam kaitannya dengan seorang pemimpin untuk mencegah dari FRAUD.

“Keberhasilan dalam mencegah FRAUD tidak semata-mata bergantung pada aturan dalam sistem, melainkan lebih pada kekokohan sifat amanah yang mengakar dalam diri setiap individu. Dalam konteks ini, membentuk karakter yang kuat dan penuh amanah pada diri sendiri menjadi landasan utama untuk mencegah terjadinya perilaku yang tidak jujur ‚Äč‚Äčatau curang.” Tutup Prof.Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag.

Penulis: Najamuddin.

Leave a Reply